Melihat Kondisi Mesin Melalui Busi - Pasti anda pengamat otomotif bertanya-tanya. Kenapa melihat kondisi mesin harus melalui busi. Apa tidak ada cara lain, ibarat mengecek mesin pribadi atau potongan komponen lainnya.
Itu lantaran Busi adalah suatu sparepart yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektroda pada ruang bakar. Busi dipasang untuk memperabukan bensin yang telah dikompres oleh piston. Percikan busi berupa percikan elektrik. Pada potongan tengah busi terdapat elektroda yang dihubungkan dengan kabel ke koil pengapian (ignition coil) di luar busi, dan dengan ground pada potongan bawah busi, membentuk suatu celah percikandi dalam silinder. Hak paten untuk busi diberikan secara terpisah kepada Nikola Tesla, Richard Simms, dan Robert Bosch. Karl Benz juga merupakansalah satu yang dianggap sebagai perancang busi.
Berikut ini ialah klarifikasi warna yg terdapat pada busi kendaraan beroda empat anda :
- Coklat agak keabu-abuan. Ini berarti busi bekerja dengan normal namun telah mendekati batas usia pemakaian. Sebaiknya segera ganti baru.
- Kekuning-kuningan. Mesin mengalami overheat, sehingga suhu dan tekanan pada mesin naik secara drastis. Sebaiknya lakukan pengecekan sistem pendingin mesin seperi cairan pendingin, radiator, selang-selang, dsb.
- Kemerahan. Ini menunjukan lapisan elektroda telah terkelupas akhir mesin mengalami overheat. Lakukan investigasi pada sistem pendingin mesin.
- Gosong. Terdapat timbunan kerak dan elektrodanya gosong. Ini berarti sehabis materi bakar tidak benar. Periksa terusan suplai bensin dan sistem kelistrikan lainnya.
- Meleleh. Elektroda meleleh dan terlihat gosong akhir busi mengalami pemanasan yang salah. Terjadi kebocoran pada komponen mesin yang menjadikan pelumas turut terbakar di ruang mesin.
- Kerak Tebal. Timbunan kerak tebal disebabkan oleh pemakaian materi bakar yang buruk. Dapat juga diakibatkan lantaran kebocoroan pada sil di klep yang menciptakan pelumas merembes sampai ke busi.
- Basah. Terdapat sisa pelumas pada elektroda dan kepala busi, mesin mengalami detonasi atau ngelitik. Lakukan investigasi timing pengapian atau gunakan materi bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin.
- Bengkok. Elektroda melekat pada kepala busi akhir dihantam oleh piston. Segera lakukan investigasi kompenen internal mesin.
Semoga tips Melihat Kondisi Mesin Melalui Busi, bermanfaat untuk yang membaca artikel ini
Komentar
Posting Komentar